Rabu, 19 Desember 2012

Be craetive--Sedikit oleh-oleh dari Asian Exchange Fair

Diposting oleh Nisa Dewi Suni di 06.42
            Sebelum saya lupa (dan emang ga boleh dilupakan), plus juga merupakan tugas saya yaitu untuk selalu mensyukuri hari-hari saya, yang salah satunya dengan menuliskan dan berbagi tentang apa yang saya alami. atau setidaknya untuk menjadi catatan sejarah hidup saya .. tepatnya di hari ini 19 Desember 2012. :)
hmmh.. Banyak sekali hal yang didapat, namun inilah sedikit oleh-oleh dari Asian Exchange Fair. (Unpad-Jatinangor)

            Segar kembali, dapat pencerahan setelah mengikuti Asian Exchange Fair, duduk di tempat penonton bagian depan, merasakan segar dan dinginnya  AC Bale Sawala Unpad, menyaksikan para pembicara yang sudah exchange sampai ke belasan negara melihat audience yang bertanya jawab dengan para pembicara. Mereka yang berdiri di depan saya, adalah mahasiswa/i semester tiga ke atas, mereka bercerita bagaimana melalui proses seleksi Student Exchange, dari mulai seleksi berkas, LGD (group discussion), Presentasi, sampai Interview. Mereka memberi tips dan trik, salah satunya waktu LGD itu kita harus berani menjawab yang pertama. Teh Wiwid, salah satu pembicara yang paling berapi-api (hee-red) kurang lebih bilang gini : "Jadilah yang pertama karena itu utama, jika kamu menjadi yang kedua, kamu hanya menjadi pecundang yang pertama." oow hii yang jelas kita harus BERANI,, dan ketika diskusi kita harus memberi orang kesempatan bicara, jangan sampai kita mendominasi pembicaraan, judulnya mau branding diri, kalu berlebihan gitu malah jelek, kalu sampai kita menutup kesempatan buat yang lain bicara. Belum lagi, soal presentasi, kita harus membahas hal-hal yang sesuai tema, jangan ngelantur apalagi tidak berbobot, misalnya ke korea mau bahas soal boy band girl favorite, drama dll, oke mangga selama menurut kita, juri bakal suka, tapi juri sendiri tadi bilang hal itu meragukan :). So, kita harus KREATIF (kesimpulan saya nii-red) hee kreatif memilih tema, mengemasnya dalam sebuah presentasi menarik, selagi acara Asian Exchange Fair berlangsung mereka tak lupa menunjukkan presentasi mereka yang di usung di Jepang dan Korea sana, dan diawal slide presentasi mereka, mereka membangun emosional presentation, mereka sengaja membuat emosi pemirsanya terangkat, supaya solusi-solusi yang mereka tawarkan di akhirnya bisa ngena! Next.. soal Interview! : BE YOUR SELF! jadi yang apa adanya, jangan sampai menjual diri terlalu mengada-ngada, yah sesuai keadaan aja, dan satu lagi tingkatkan bahasa Inggris! that's very important!

             Mereka juga bercerita selama hidup disana mulai hal mikro sampai makro :) mereka banyak belajar mulai dari ketepatan waktu, disiplin, membuang sampah pada tempatnya, bertoleransi antar umat beragama, tidak bicara di kendaraan umum, berdiri di eskalator bagian kanan untuk mempersilakan orang lewat duluan, memaksakan belajar di jam tiga malam, membiasakan belajar kelompok karena hal itu sangat efektif dirasakan. ya banyak hal mereka belajar, dan banyak pula kontribusi yang mereka lakukan untuk Indonesia, salah satunya ketika mereka membaca indikasi bahwa orang-orang Jepang Korea, dan mahasiswa/i asing lainnya banyak yang tidak tahu Indonesia, so mereka membuat event INDONESIAN DAY : kesenian, makanan khas Indonesia dll pokoknya dari Indonesia, mereka tunjukan di event itu dan ternyata orang-orang disana terpana sama paket hemat Indonesia yang beranggotakan "Pisang goreng dan teh manis hangat!" Wow! what a wonderful culture ...what a beautiful Country, Indonesia!

          Mereka salah satu yang membawa Indonesia menuju gerbang dunia, dalam hal pendidikan dan kegiatan positif. Mereka yang perlu dicontoh, apanya? kontribusi, dan nasionalisme yang tinggi!

          Siapa mereka? Ya, salah satunya MAHASISWA. Mereka yang berdiskusi yang Suaranya enak didengar, yang suaranya ada di forum-forum resmi atau kegiatan sosial yang berhubungan dengan masyarakat, bukan yang marah dan merusak, yang mendemo tanpa solusi, mereka yang bahasanya santun, cerdas, dan tepat sasaran dan memotivasi, mereka (dan seharusnya saya) yang membuat saya semakin berfikir : "INI DIA INDONESIA PINTAR", dan ini baru di Unpad, Mahasiswa/i  Indonesia lainnya pasti tambah membuat kita yang menyaksikannya berdecak kagum!

            Setiap manusia diciptakan Allah dengan berbagai hal istimewa , selanjutnya bagaimana kita mengasahnya, mengembangkannya, dan semua itu butuh proses. Sabar, tenang, terencana, dan optimis.

             Well, benar itu yang ada dalam otak dan hati saya, bahwa Allah itu memberi sesuai kadar semangatnya. Semua itu nasihat untuk saya ! :)

dan ingat ya, BERANI, KREATIF, BE YOUR SELF, dan BERDOA.. JANGAN LUPA TAWAKALl! :)

catatan dari saya pribadi khusunya untuk saya :
*untuk menjadi sosok yang Berani
dan kreatif.. so hpw to be a creative person ? may be this  instruction will be useful for us :) click here http://www.ehow.com/how_5386480_creative-person.html or http://www.lovevirtue.com/in/Peningkatan-Kualitas-Diri/10-cara-menjadi-orang-yang-kreatif.html


Be craetive for all reason! :)
Barakallah  amiin

Salam
Tumapahan Tinta Nisa.

0 komentar:

 

little one on earth Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea