Senin, 26 November 2012

-Peradaban Islam- sub judul : Apakah Islam Itu Budaya?

Diposting oleh Nisa Dewi Suni di 07.28

-kesimpulan kuliah MKA  senin, 26 november 2012--

Peradaban Islam di Dunia Arab
          Setelah membahas mengenai masyrakat arab dan kebudayaannya, maka kali ini kita akan membahas mengenai peradaban islam di dunia arab. Untuk dapat membedakan mana yang budaya arab dan mana yang islam. Bila digambarkan antara budaya arab dan islam, adalah seperti ini : ada sedikit kesamaan antara keduanya namun, akhirnya islam mendominasi, budaya masyarakat arab.


Kali ini yang menjadi pertanyaan adalah : Apakah  islam itu budaya? 
                       
Berikut kesimpulan-kesimpulan yang saya catat :
·         Nama islam berasal dari Allah, bukan budaya. Solat itu perintah agama, namun memakai sarung, mukena , gamis dan sebagainya itu adalah hasil budaya.
·         Wahyu diturunkan : bukan budaya, namun pelaksanaannya dalam kehidupan manusia barulah budaya. Jadi wahyu  melahirkan budaya,
Semua itu tergantung dua hal yakni :
1.  Kemauan manusia menerapkan budaya dalam kesehariannya
2.  Kemauan  manusia menerapkan budaya dalam kehidupan keislamannya
Contoh lain   : Teks al-quran itu wahyu, namun jilid/ cover, warna, jenis kertas itu adalah budaya, menghadap kiblat itu wahyu, namun bagaimana menemukan kiblat itu budaya. Dengan kompas atau bukannya itulah budaya.
            Bagaimana soal bid’ah dalam agama? Jika menambah dan mengubah ajaran agama itu barulah disebut  bid’ah, namun bila tidak, maka itu adalah budaya. Namun ada budaya yang tidak sesuai dengan  wahyu : misalnya memandikan keris di hari-hari tertentu misalnya saat maulid nabi, dsb, atau berdoa dengan suara yang sangat keras itu tidak dianjurkan dalam islam.
            Budaya islam adalah budaya yang dilahirkan orang-orang islam yang diterapkan baik ada kesehariannya atau pada kehidupan islam.
  
Lalu apa Perbedaan antara Peradaban Dengan Budaya?                                                            
           Peradaban adalah bentuk budaya yang paling tinggi dari aspek nilai-nilai kemanusiaan. Bukti-bukti peradaban bisa dilihat dari bukti-bukti ,masa lampau.
      Sedangkan budaya adalah sebahagian kecil saja, misalnya : tata cara pernikahan masyarakat setempat.
            Sejarah Peradaban Islam
            Sejarah Arab Masa Islam, dibagi pada empat masa  yaitu Masa Awal Islam, Masa Khulafaurasyidin, Masa Dinasti Umayah, Dan Dinasti Abasyiah.
1.      Masa awal islam
            Masa kerasulan Muhammad 611M-632M.  Masa kerasulan atau awal islam di bagi dua periode :
a.   Periode mekah
            Pada periode ini Rasul lebih menekankan dan menumbuhkan sistem kepercayaan dan penekanan keimanan.
b.    Periode madinah
            Pada periode ini, kegiatan yang banyak Rosul lakukan adalah penetapan syariat :  ibadah, kemasyrakatan, pemerintahan
            Dan pada saat ini, Kekuasaan masih berpusat di jazirah arab.
2.      Masa Khulafaurasidin 632 M-660M
            Masa ini merupakan Masa perluasan  wilayah  islam. Masa penetapan wahyu, dan muncul unsur budaya.
3.      Dinasti umayah 661M-750 M.
             Hubungan politik dan budaya pada saat ini cukup besar, islam mampu mendominasi kebudayaan orang arab. Dan pada masa ini aksara arab sangat masyhur dibanding aksara latin.

            Di Indonesia sendiri, aksara arab sering digunakan, biasa disebut arab pegon, namun seiring perkembangan zaman dimulai dari merdekanya Indonesia, Indonesia banyak memakai latin, hal ini merupakan pengaruh politik, pada saat itu. Dengan merdeka Indonesia banyak dipengahruhi, sekuler, islam komunis, dll.  
            Begitu juga dengan kebudayaan islam yang mampu merubah budaya orang arab. Berdirinya saudi arabia, dengan diangkatnya raja pertama, menghilangkan ziarah kuburan yang menimbulkan kemusyrikan. Seperti di jawa timur, sunan kalijaga sangat keras untuk menghancurkan unusur-unsur kemusyrikan, maka, inilah mengapa tidak ada candi di Jawa timur, karena memang tidak dibolehkan, berbeda dengan daerah di jawa tengah yang memilki candi.
            Kembali lagi mengenai  peradaban. Perdaban besar ada pada bani umayah :
Ø  peradaban islam melahirkan revolusi dalam cara befikir, al-quran mendorong manusia untuk memakai akal berfikir mengenai Tuhan, dirinya dan alam.
Ø  kebutuhan pemahaman terhadap al-quran sendiri  akhirnya mengharuskan orang-orang  untuk memiliki kemampuan dasar menulis dan membaca yakni pada 2 hal : (1) ayat kauniyah dan (2) ayat kitabiyah.
Ø  Kebutuhan memahami al-quran juga melahirkan berbagai ilmu bahasa dan ilmu-ilmu al-quran pada masa umayah ini.
Ø  Masa lahirnya kembali penyair-penyair Arab, seperti : Abi Rabiah, Jamil Aluzri, Farazdaq, Jarir, Al-Khatal, dan Qais Bin Mulawah yang dikenal karyanya yaitu laila majnun.
            Dahulu di uqaz di mekah, ada pesta puisi pada musim haji setiap kabilah mengirimkan utusan untuk menampilkan syair, mereka membacakan pada tuhan-tuhan yang digantungkan di ka’bah, dan tujuh puisi tebaik digantung di ka’bah yang dikenal sebagai Al-Mu‘alaqoti As-Saba’. Hal ini dilakukan sebagai penghormatan kepada sang juara. Sedangkan pada zaman Rasul dan Khulafaurasyidin kegiatan itu dihapuskan namun syair itu sudah menjadi hapalan masyarakat arab, maka dimunculkan lagi pada masa bani umayah.
            Budaya bani umayah sangat fanatik dengan arab, karya besar seperti Laila Majnun pernah diterjemahkan ke bahasa eropa.

Gerakan ilmiah bani umayah :
a. Ilmiah keagamaan
             Ilmu keagamaan dengan tokoh ulama seperti Hasan Al-Bashri, Syihab Al-Zuhri, Washi Bin Atha.
b. Umum :  Ilmu pengetahuan dengan tokoh Yazid Bin Muawiyah.
c. Kajian berasama: pertemuan khusus ulama dan fuqaha.
            Skolia=syara’ . di gaza pada masa 4 masehi menerjemahkan perjanjian baru dengan skolia, atau di budaya pesantren sekarang adalah syarah. (penjelasan matan kali yaa, J)
4.      Masa Dinasti Bani Abasyiah
            Pemerintahannya mendapat pengaruh dari Persia dan Turki, beribukota di kufah dan pindah ke baghdad. (762 M).
Berikut point-point penting mengenai kehidupan pada masa dinasti Abasyah.
Ø  Masa keemasaannya yaitu ketika masyarakatnya sejahtera, ilmu pengetahuan berkembang pesat, ini tercapai pada masa Al-Mahdi sampai, Al-Mutawakkil. Sampai-sampai tedapat kajian Timur Tengah di Eropa.
Ø  Puncak keemasan adalah pada masa Harun Ar-Rasyid, misalnya pada bidang Ilmu pengetahuan, Kesejahteraan Sosial, Sastra, dan Budaya.
Ø  Berdirinya Lembaga2 pendidikan dan perpustakaan
           Pada saat itu, Barat belum memiliki  apa-apa dan  Arab sudah maju. Contohnya, Berdirinya Baitul hikmah sebagai perpustakan besar, dan orang-orang arab melahirkan banyak dokter pada ilmu farmasi, militer, memiliki pusat penerjemahan, peyalinan, dan pengakajian.

Ø     Perbedaan bani absyiah dengan bani  umayah, adalah bahwa bani abasyiah lebih open minded pada Ilmu Pengetahuan.






Ø  Perkembangan ilmu pengetahuan dengan agama.
        Pada masa ini muncul  Ilmu tafsir dengan metode ma’tsur, (penfsiran masa rasul), metode ra’yu metode rasional. Di bidang Ilmu hukum yaitu fiqh melahirkan 4 mazhab besar.

  •   Abu hanifah : lebih besar dipengaruhi pemikiran rasional daripada hadits
  • Imam malik : menekankan pada hadits nabi. 
  •   Imam syafi’i dan imam ibnu hambal ; menggabungkan keduanya.
               Muncul juga Teologi islam (ilmu kalam). Golongan helenisme : pemikiran yunani. Filsafat islam pun muncul di masa Harun Ar-Rasyid.
            Perhatian penguasa terhadap Ilmu pengetahuan sangatlah besar, karena mereka umumnya adalah ulama dan ilmuwan, memilki buku lengkap dan mereka merupakan perawi hadits yang baik dan jiwa sastranya tinggi. Mereka sangat memperhatikan ilmuwan; perhatian pada ilmu, dan ilmuwan tanpa batas. Maka, Perkembangan ilmu sangat pesat dan cepat. Ini karena pengaruh islam.
Gerakan penerjemahan
            Gerakan penerjemahan berlangsung dalam tiga fase:
1.    Fase pertama, pada masa khalifah al-Manshur hingga Harun Ar-Rasyid. Pada fase ini yang banyak diterjemahkan adalah karya-karya dalam bidang astronomi dan manthiq.
2.    Fase kedua berlangsung mulai masa khalifah al-Ma'mun hingga tahun 300 H. Buku-buku yang banyak diterjemahkan adalah dalam bidang filsafat dan kedokteran.
3.     Fase ketiga berlangsung setelah tahun 300 H, terutama setelah adanya pembuatan kertas. Bidang-bidang ilmu yang diterjemahkan semakin meluas. Seperti mantiq.
 
         Ada pula kegiatan penulisan sunah rasul pada masa ini,
1.    Proses wahyu menjadi budaya ; wahyu ditulis di kulit, pelepah pohon, dll. Adapun mengenai susunan ayat Al-Quran dilakukan oleh Rasul atas petunjuk malaikat Jibril, sedangkan susunan surat dilakukan oleh zaid bin tsabit dan para sahabat.
2.    Lalu disimpan di rumah Rasul atau Abu Bakar dan Umar Bin Khatab dibukukan di zaman Utsman Bin Affan, disalin di dalam sebuah buku bernama Mushaful Imaam. Sahabat ada yang menulis menurut dialek masing-masing lalu, yang lain dibakar, setelah pengecekan dibuat salinan Mushaful Imaam, lalu dikirim ke bashra, dan tempat-tempat lain.
3.    Adapun susunan surat dilakukan oleh para penulis, yakni para sahabat:  Al-fatihah ditempatkan pertama sebagai As-Sab’ul Masani
4.    Karena khawatir hilang dan para hafidz lupa/ mati maka dimulai dengan surat yang panjang (as-sab’u tiwal)
5.    Penulisan menggunakan rasm utsmani (ejaan utsmani)
6.    Budaya membaca quran memang memiliki banyak dialek, biasanya dikarenakan daerah tempat tinggal, namun rasul mengizinkan hanya pada qiratus sab’ah.
7.    Selain utsmani ada rasm Imla-i
   الصَّلوةُ (As-Shalatu) dengan  wau (و) adalah rasm utsmani, sedangkan jika memakai alif الصَّلاةُ  adalah rasm imlai.

Sekian ringkasan ini semoga memberi manfaat.
Mohon maaf yaa bila banyak kesalahan,
Ditunggu koreksinya.
Ica nulis ini sesuai apa yang bapa omongin waktu itu,
Dan juga dari beberapa slide.
Kalo ada kesalahan murni dari icaa.
Syukron


Catatan tambahan :

            Semenjak abad 1 smpai abad 9 ditulis segala peristiwa menjadi 37 pasal, pasal utama ada 5, kemudian 32 pasal tambahan dinamakan surat jahezkill.Saat itu, orang yahudi dideportasi ke babilonia mereka menulis tentang pasal jahezkill. (pasal pada perjanjian baru/lama
            Bapak, juga membicarakan mengapa Rasul berasal dari kalangan laki2 karena memmilki tantangan yang berat, daya ingatnya kuat, maka wahyu dapat disampaikan dengan utuh.
            Lalu mengapa peradaban islam hanya sampai Abasyah ini karena Ottomman meperebutkan arab, maka setelah bani abasyiah masarakat arab terpecah belah, dan tidak memilki kebanggaan lagi.
 J
Terimaksih
Salam tumpahan tinta nisa J
nisadewisuni.blogspot.com

4 komentar:

Fahmi Hasan mengatakan...

Lebih bagus kalo dibikin artikel cha.. :)

Nisa Dewi Suni mengatakan...

belum bisaaaaaa :(

Fahmi Hasan mengatakan...

tulisannya jadi berantakan loh.. ga tau kenapa..

Nisa Dewi Suni mengatakan...

itu hahaha emang ga di edit a, hasil kekejaran dosen ngomong catet biar g ilang ajaa ica simpen heee makasih a :) baca mulu nih mksih maaciih maacih :)

 

little one on earth Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea