Sabtu, 05 Januari 2013

RESOLUSI BARU DI TAHUN BARU

Diposting oleh Nisa Dewi Suni di 09.18

 http://platmerahonline.com/resolusi-baru-di-tahun-baru/ 

(oleh Nisa Dewi Suni :) artikel pertama)
            Tahun baru identik dengan resolusi, sebenarnya apakah resolusi itu? Resolusi memilki banyak arti dan digunakan sesuai konteksnya. Dalam kamus besar bahasa Indonesia sendiri dijelaskan bahwa resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan, secara umum terutama di tahun baru ini, kita biasa mengartikannya dengan rencana-rencana pencapaian khususnya di tahun yang baru seperti tahun 2013 ini.

            Menjadi sebuah hal yang lumrah bahkan mungkin harus bagi seseorang memiliki resolusi terutama di tahun yang baru. Memiliki hidup yang lebih baik dari hari ke hari, bulan ke  bulan dan tahun ke tahun adalah hakikat tujuan hidup manusia di dunia pada umumnya. Maka menjadikannya sebagai resolusi di tahun baru merupakan hal umum yang harus di konkretkan lagi, karena standar hidup yang baik dan lebih baik bagi setiap orang itu berbeda-beda.
            Menurut seorang psikolog yang juga merupakan seorang motivator, Alex Sriewijono dalam sebuah tayangan di stasiun televisi swasta mengatakan bahwa resolusi itu harus jelas, dan konkret. Setiap orang harus memiliki personal statement. Misalnya seorang pedagang yang ingin memiliki omset sekian juta rupiah perbulan dari yang asalnya beberapa ratus rupiah saja, seharusnya membuat rencana-rencana strategis yang lebih konkret dan mendukung rencana pencapaiannya itu, misalnya memperluas sasaran penjualan, atau memperbanyak pilihan dari produksinya. Maka, pecahlah sebuah target atau resolusi yang besar menjadi tahapan-tahapan kecil yang bisa kita lakukan, dan jangan lupa kapan waktu memulainya adalah hal yang sangat penting.
            Namun ditengah perjalanan waktu, banyak yang seolah lupa dengan apa yang ia rencanakan di awal tahun, banyak yang tiba-tiba lalai dalam menggapai rencana-rencana besarnya. Lalu, bagaimana membuat resolusi itu semakin kuat dan konsisten dijalankan dari hari ke hari?
            Beberapa tips untuk menjaga konsistensi menggapai resolusi, adalah sebagai berikut;  Yang pertama adalah kita harus mengetahui alasan mengapa kita ingin menggapai suatu hal tersebut. Hal ini merupakan motivasi besar untuk membuat resolusi kita konsisten dijalankan, membuat kita mampu melewati masalah-masalah yang kita hadapi dalam proses menggapainya. Yang kedua,  melibatkan orang lain menjadi sebuah alasan akan mempertebal tekad kita dalam menggapainya. Contohnya, seorang ayah yang sedang memiliki penyakit ingin lebih sehat sehingga mampu berkumpul dengan keluarga lebih lama, masih mampu memberi nafkah dan lebih sering bersama mereka,  dengan begitu sang ayah akan lebih sering menjaga kesehatan, memakan makanan yang sehat, rajin berolahraga dan memilih apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan.
            Menurut Jamil Azzaini dalam webnya yang menulis tentang resolusi penuh energi mengatakan “Sudah bukan zamannya menyusun resolusi tapi manfaatnya hanya untuk diri sendiri.”
            Yang ketiga adalah cobalah menulisnya, menulis reslusi-resolusi yang kita inginkan akan membantu kita melihat lebih rinci, tulis secara detail langkah-langkah apa yang harus ditempuh, manfaat lainnya adalah kita akan selalu mengingatnya setiap kali membacanya. Yang ke-empat, sharing-kan dengan orang-orang terdekat kita, dengan begitu mereka juga akan menginatkan kita disaat lalai atau lupa. Mungkin dengan mengatakan : “katanya mau begini... dan mau begitu... ayoo mana semangatnya..” dan kalimat-kalimat lain semacamnya.
Selamat memiliki semangat baru di tahun baru dan menyusun resolusi baru!

(Nisa Dewi Suni)

0 komentar:

 

little one on earth Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea