Senin, 15 Desember 2014

Aah Kalian Selalu Mengagumkan!

Diposting oleh Nisa Dewi Suni di 05.19




"Assalamualaikuum" kata mereka.

Jepret!

"Walaikumussalaaaaam :)"

Lihatlah! tanpa persiapan, tanpa diunyu-unyu asal jepret saja anak kecil selalu lucu.
Beda dengan orang dewasa pasti bilang : "Iiiiii ga bilang dulu mau moto teh".. "iii hapus ga kobeee" (kobe: muka yang tidak terkontrol.) iya kaan gitu kaaan? :D

iya, mereka mah gimana aja lucu,
 karena mereka memang tercipta sebagai penyejuk hati yaa, masih bersih , tak berdosa
bagai kertas putih, soal kertas itu mau dituliskan apa adalah tanggung jawab orang tuanya, apakah menerapkan ilmu menari, ilmu bernyanyi, ilmu sulap, ilmu mengaji, itu pilihan orang tuanya. Menjadi baik atau buruk, benar atau salah, dan hal lainnya adalah pilihan orang tuanya. JIka berubah di usia dewasa, itu tanggung jawab dirinya sendiri.


Alangkah penting memilih sekolah yang baik untuk mendidik mereka, lingkungan yang baik, dan pengetahuan yang baik untuk menghadapi mereka.

pengetahuan yang baik?
iya, terutama ilmu Tauhid, mengajari anak tidak bisa asal bicara.

Sebuah anugerah indah bagi saya menikmati ini lagi, (setelah sekian lama vakum karena ini itu)
bertemu mereka, berinteraksi, tertawa dan terkagum-kagum dengan ulah mereka.
semoga kalian selalu dalam lindungan Allah ya adik-adik..

Bahagia,
mereka adalah obat paling manjur untuk melupakan penat,
alarm paling ampuh untuk mengingatkan indahnya kejujuran,damainya memaafkan (#walau ditegur mereka pasti kembali memeluk lagi),
ya,
mereka adalah berlian yang mampu membuat kita kembali tersenyum-senyum.

Lagi-lagi sebuah anugerah bagi saya,
menyaksikan saat-saat dimana mereka tiba-tiba bisa menyebut huruf "ro" :D

Saya mau cerita satu-satu ah :
1. Salsa
anak ini masuk ngaji di usia 3,5 atau 4 tahunan lah, memang masanya main, ga pernah fokus sama iqronnya, pasti tiba-tiba cerita mainan barunya, bajunya, kelincinya, les narinnya sampe gigi copotnya. Ajaibnya , karena doi susah banget fokus ahirnya ibu ajarin aja surat-surat pendek, dan Al-Baqorah, sekarang hafalan Al-Baqorohnya baru sampai ayat 7, sedangkan Surat-surat pendeknya sampai surat Al-Bayinah, ukuran bocah usia 5 tahun . oke punya lah. :) (*asal jangan dulu dibandingin sama Musa yaa). Ya, sekarang Salsa usia 5 tahun, mulai tahu bagaimana cara belajar, duduk fokus dan menyimak iqronya, Sekarang Salsa sudah Iqro 5 :) doakan ya kakak-kakak :)

belajar dari Ilmu Salsa : "Selagi masih kecil, anteupkeun! biarkan dulu saja kalau banyak celoteh, nikmati aja, :) kalau dinikmati ga akan kesel bawaannya." haha saya pernah tidur di depan Salsa, karena dia malah cerita, dia kadang suka ngantuk kalo buka buku iqronya, mungkin lelah habis les nari, bukan belajar dia diem sesekali cerita :D waktu itu keadaannya ngantuk bangeeet tertular salsa kali :D.
Anugerah lagi untuk saya menyaksikan Salsa yang suka saya cubit, ceritanya saya main permainan: Siapa yang bisa nyubit atau ngesun,  dia yang menang :D dengan dalih bilang "kena" saya nyubit dan ngesun Salsa haha trik ini berhasil, anak kecil itu ga mau kalah :D jadi dia berusaha sekuat tenaga, buat balas kekalahannya ; dia cubit dan ngesun pipi suni :D hahaha #yeeess sebut lah ini #trikmencubitbocah  :).
ya apa yang anugerah? sekarang kan salsa mulai besar, beda dengan dulu tingkat menggemaskannya sedikit menurun, dia kalo di cubit udah cuek dan ga mau bales, tranformasi inilah yang sesuatu bangeeet.
sekarang salsa setiap habis ngaji sama saya, cuma minta 1 permainan, namanya ; "tepuk koboy cilik dari Amerika" yang gatau, tanya di belakang layar aja ya kita praktekin :D :D

2.

ya Imaaaaaaaa,
Awalnya dia hanya main ke rumah Alika dan Wulan (adik kakak yang doyan gulat di pengajian, liat mereka akur adalah sebuah keajaiban yang patut diabadikan).
Lalu, Ima diajak ke rumah kami, dia mah main-main aja teriak-teriak karena hobi dia adalaaaah : "berceloteh' dia lebih cerewet dari Salsa dulu, :D
Kebayang ga? lagi pembukaan baca al-Fatihah, baru sampai baca basmalah dia cerita "Ini gigi aku sakiiit," , setelah dipandu dia ikut lanjut, "Alhamdulillahirabbil 'alamiiin, Maaliki yaumiddiiin" "Ima, main ke rumah nenek" "Iyaakana'budu' ini ima bawa uang buat jajan".
teori Ilmu Salsa, masih bocah berceloteh wajar, mungkin nanti juga seperti Salsa, kalau udah agak besar lebih serius mengajinya :)
S : "Ima sakit gigi?"
I : "Iya" sambil memperlihatkan gigi bolongnya
S : "Besok ke dokter ya.."
I : "Ga mau kan ga ada ayaah"
S : "Kan ada Ibu.."
I : "Tapi Ima suka di punggung Ayah" (Baca : berlindung)
S : "Dokternya baik kooq"
I : "Nanti disuntik ga?"
S : "Engga, pokonya Ima harus berani, nanti bilang ke dokternya'bu dokter Ima mau diobatin"
I: (Ima geleng-geleng)
S : "Ima dateng ke dokter, nanti diobatin biar sama Allah disembuhin, jangan lupa berdo'a :) "
I : "Tiduran ga?"
S: "Iyaa :)"
I : "Mba jadi dokter ga? Obatin Ima"
S :(gubrag ini gimana jawabnyaaa) , emm kan aku ngajar ngaji :)
I : "Iya jadi dokter dulu, obatin Ima udah itu ngaji lagi"
S : "em sSssssSsss hee besok aja ya ke dokter gigi. ayoo ini mulai ngaji Iqronya :D #mengalihkanpembicaraan

:D

Melihat Ima, bicara dengannya membuat saya berfikir, bagaimana bisa mendidik anak kelak, membujuknya ke dokter saat sakit, menanamkan ketauhidan bahwa semua kesembuhan di tangan Allah, bagaimana menjawab setiap tanyanya, dan bagaimana-bagaimana lain yang entah apa yang akan saya hadapi kelak :D

Aahh kalian, selalu mengagumkan :)

3.Riska suka di panggil Cika.

Anak ini termasuk yang paling unik, yang sampai sekarang , saya ga tau gimana menghadapinya :D
kasus aneh, setiap bertemu dengan huruf Ro, dan Lam, secara otomatis dia akan diam. Dia Enggan mengucapkannya, setiap dua huruf itu ditunjuk , bahkan gelengan kepala pun tidak muncul, yaaah sudahlah, setiap ada dua huruf itu kami lewat. tapi kalau dilewat dia yang tanya : "ko ini ga disebut?" yayayay yang memandunya membaca Iqro lah yang harus menyebutkannya :D haha kalau ditanya "tunjuk mana huruf La?" tak perlu pikir panjang Ia tepat menunjuknya, begitu juga dengan Ro.
any body can help us? :)

4.Cindy anak kecil inilah yang pendiam tekun, dan masih usia 5 tahun sudah hatam Al-Quran, kami betul-betul menyaksikan metamorfosa indahnya dari Lo menjadi Ro :)  sekarang cindy berada di juz 8, 9 atau 10 lah :)

Alhamdulilllah,

Adik-adik, mungkin 10 tahun yang akan datang, ketika kalian beranjak dewasa, kalian akan teringat masa-masa ini. Ingatlah Al-Quran adalah pedoman hidup, cahaya, pembeda, dan syifa. maka, teruslah, kaji, belajar, ajarkan, amalkan. Bagaimana caranya?
 suatu saat kalian akan ingat, perjuangan kalian melawan malas membawa Iqro ke rumah kecil ini adalah perjuangan paling indah, yang membuat kalian mampu membaca kalimat-kalimat Indahnya.

untuk yang tak terceritakan : Rangga, Kiki, Nana, Mila, Teguh,  Rizki, Faisal, Alika, kalian semua yang teristimewa :)

Salam Cinta

:)
Katika 10 Rt 07 :)



1 komentar:

irawan shobirin mengatakan...

Orang penting dimata Allah bukanlah orang yang banyak hartanya atau tinggi jabatannya.

Rasulullah pernah mengabarkan kepada kita bahwa "urusan paling penting adalah mengurusi islam".

beruntung. saat kelak para adik-adik ini mahir membaca Quran, atau bahkan menjadi penghafal dan pengamal Quran

Jariyah itu mengalir pada mereka yang pertama kali mengajarkan baca tulis al Quran kepadanya

beruntunglah. Merekalah orang besar dan penting dimata Allah

beruntunglah para guru itu. Beruntunglah para murabbi dan murabbiyah itu.

 

little one on earth Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea